CARI

Monday, August 15, 2011

ASKEP GANGGUAN JIWA - HALUSINASI





A. PENGERTIAN
Halusinasi merupakan persepsi terhadap stimulus dari luar tanpa obyek nyata dari dunia luar. Hal itu memungkinkan mempengaruhi pemikiran mereka mencakup perasaan merasa mendengar, melihat, membau, meraba atau merasa. Klien akan membuka persepsi didalam pemikirannya sehingga memungkinkan memaksa klien untuk mempercayainya daripada kenyataan dari luar. Hal yang sangat penting untuk diingat bahwa halusinasi terlihat sangat nyata bagi klien dan klien mungkin melihat halusinasi sebagai kenyataan dan mengingkari kenyataan lingkungan sekitarnya atau orang-orang sekitarnya (Judith and Sheila, 1998 : 113)
Halusinasi adalah suatu sensori persepsi terhadap sesuatu hal tanpa stimulus dari luar. Haluasinasi merupakan pengalaman terhadap mendengar suara Tuhan, suara setan dan suara manusia yang berbicara terhadap dirinya, sering terjadi pada pasien skizoprenia. (Stuart and Sundeen, 1995 : 501)
Halusinasi yang sering terjadi pada gangguan persepsi sensori adalah halusinasi akustik (auditorik). Halusinasi ini sering berbentuk :
1. Akoasma : Suara-suara yang kacau balau yang tidak dapat dibedakan dengan jelas.
2. Phonema : Suara-suara yang berbentuk suara jelas yang berasal dari manusia, sehingga klien seperti mendengar suara tertentu.
Halusinasi pendengaran merupakan halusinasi yang paling umum. Lien bisa mendengar suara seperti suara Tuhan, suara setan atau suara orang-orang terdekat yang diterima sebagai suatu yang berbeda dari pemikiran klien.


Download askep lengkapnya klik aja DISINI

No comments:

Post a Comment